Sebagai landasan,modal
dan sekaligus sebagai persyaratan dalam membangun profesionalitas guru adalah
bahwa ia harus mencintai profesi sebagai guru.Tanpa mencintai maka guru akan
sulit untuk membangun komitmen,semangat,dan pengembangan diri.yang pada gilirannya
akan sulit ia untuk bekerja secara sungguh.Banyak guru yang awalnya tidak
menjadikan guru sebagai cita-cita utamanya.Karena dalam kenyataan guru sudah
menjadi pekerjaannya maka tidaklah terlambat jika ia berusaha mencintai profesi
guru dan menguatkan orientasinya agar ia dapat bekerja secara
professional.Selanjutnya guru harus senantiasa berupaya memberdayakan dirinya
agar senantiasa bekerja secara profeional.Ada beberapa upaya yang harus
dilakukan adalah sebagai berikutL
1. Membangun
Komitmen
Komitmen
mendefinisikan sebagai sebuah tekad yang mengikat dan melekat pada seorang
pendidik untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.Guru
harus memiliki komitmen yang tinggi dalam mendidik peserta didiknya
berhasil.Adapun indicator guru yang memiliki komitmen tinggi adalah sebagai
berikut:
a. Memiliki
ketajaman visi
b. Rasa
memiliki (sense of belonging)
c. Bertanggung
jawab (sense of responsibility)
2. Mengembangkan
kompetensi secara terus menerus
Kompeten adalah kemampuan
seorang pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran (mengajar dan mendidik )
dan kemampuan memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.Kalau
guru berani mengajar maka ia harus mau belajar.Indikator guru yang berkompeten
adalah sebagai berikut:
a. Senantiasa
mengembangkan diri
b. Ahli
di bidangnya
c. Menjiwai
profesi
d. Memiliki
kompetensi pedagogic,kepribadian social dan professional
3. Kerja
Keras
Guru yang selalu
bekerja keras dapat didefinisikan sebagai kemampuan mencurahkan atau
mengerahkan seluruh usaha dan kesungguhan,potensi yang dimiliki sampai akhir
masa suatu urusan hingga tujuan tercapai.Adapun indicator guru yang selalu
bekerja keras adalah:
a. Bekerja
keras dan sungguh-sungguh
b. Bekerja
melebihi target(extra ordinary process)
c. Produktif
(outstanding result)
4. Konsisten
Guru yang konsisten
adalah guru yang memiliki kemampuan melakukan sesuatu dengan
istiqomah,ajeg,focus,sabar dan ulet serta melakukan perbaikan yang terus
menerus.Adapun indicator guru yang konsisten adalah
a. Memiliki
prinsip
b. Tekun
dan rajin
c. Sabar
dan ulet
d. Focus
5. Kesederhanaan
Guru harus bersikap
sederhana artinya guru memiliki kemampuan mengaktualisasikan sesuatu secara
efektif dan efisien.Adapun indicator guru yang bersikap sederhana adalah
a. Bersahaja
b. Tidak
mewah
c. Tidak
berlebih
d. Tepat
guna
6. Kedekatan
Kedekatan yang
dimaksud adalah kemampuan guru berinteraksi secara dinamis dalam jalinan
emosional antara guru dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran atau pendidikan.Indikatornya adalah
a. Perhatian
pada siswa
b. Learning
centered
c. Terjalinnya
hubungan emosional yang harmonis
7. Pelayanan
maksimal
Guru harus secara
proaktif melayani siswa maksudnya adlah kemampuan guru untuk membantu atau
melayani atau memenuhi kebutuhan peserta didik agar potensi dapat diberdayakan
secara optimal. Indikatornya adalah
a. Dipenuhinya
standar pelayanan minimal
b. Kepuasan
c. Cepat
dan tanggap
d. Pelayanan
cepat
e. Proaktif
8. Cerdas
Cerdas yang dimaksud
bukan cerdas secara intelektual tetapi guru juga harus cerdas secara emosional
dan spiritual.Guru yang cerdas semacam ini memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
a. Kemampuan
cepat mengerti dan memahami,tanggap,tajam dalam menganalisis dan mencari
alternative-alternatif solusi dan mampu memecahkan masalah (cerdas intelektual)
b. Kemampuan
memberikan makna atau nilai terhadap berbagai aktivitas yang dilakukan sehingga
hasilnya optimal (cerdas emosi dan spiritual)
Adapun indikatornya
adalah sebagai berikut:
1. Responsif
, analisi.inovatif dan solutif
2. Mewarnai
bebabagai aktivitas yang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar