Pentingnya mengetahui pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik
Dengan
mempelajari perkembangan peserta didik kita akan memperoleh beberapa
keuntungan:
Pertama, kita akan mempunyai
ekspektasi yang nyata tentang peserta didik, misalnya akan diketahui pada umur
berapa peserta didik mulai berbicara dan mulai mampu berpikiran abstrak atau
akan diketahui pula pada umur berapa peserta didik tertentu akan memperoleh
keterampilan perilaku dan emosi khusus.
Kedua,
pengetahuan tentang perkembangan peserta didik akan membantu kita untuk
merespons sebagaimana mestinya pada perilaku tertentu dari peserta didik. Bila
seorang peserta didik dari Taman Kanak-Kanak tidak mau sekolah lagi karena
diganggu temannya, apa yang harus dilakukan oleh guru dan orangtuanya? Bila
peserta didik selalu ingin merebut mainan temannya apakah dibiarkan saja?
Pemahaman kita tentang perkembangan peserta didik akan membantu menjawab
pertanyaan-pertanyaan itu dan menunjukkan sumber-sumber jawaban serta pola-pola
peserta didik mengenai pikiran, perasaan dan perilakunya.
Ketiga, pemahaman
tentang perkembangan peserta didik akan membantu mengenali berbagai
penyimpangan dari perkembangan yang normal. Bila peserta didik umur dua tahun
belum berceloteh (banyak bicara) apakah dokter dan guru harus
mengkhawatirkannya? Bagaimana bila hal itu terjadi pada peserta didik umur tiga
atau empat tahun? Apa yang pertu dilakukan bila remaja umur lima betas tahun
tidak mau lagi sekolah karena keinginannya yang berlebihan yaitu ingin
melakukan sesuatu yang menunjukkan sikap "jagoan" ? Jawaban akan
lebih mudah diperoleh apabila kita mengetahui apa yang biasanya terjadi pada
peserta didik atau remaja.
Keempat, dengan
mempelajari perkembangan peserta didik akan membantu memahami diri sendiri.
Dengan kata lain pengetahuan ini akan membantu kita memahami apa yang kita
alami sendiri, misalnya mengapa masa puber kita lebih awal atau lebih lambat
dibandingkan dengan teman-teman lain.
Berikut
ini adalah beberapa hal yang mendasari pentingnya mempelajari perkembangan
peserta didik.
o
Masa
Perkembangan Yang Cepat
Pada
peserta didik terjadi pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan
perubahan-perubahan yang dialami makhluk lain. Perubahan fisik, misalnya pada
tahun pertama lebih cepat dari pada tahun-tahun berikutnya. Hal yang sama
terjadi juga pada perubahan yang menyangkut interaksi sosial, perolehan dan
penggunaan bahasa, kemampuan mengingat serta berbagai fungsi lainnya.
o
Pengaruh
Pengalaman Sebelumnya
Alasan
lainnya mengapa mempelajari peserta didik ialah bahwa peristiwa-peristiwa dan
pengalaman-pengalaman pada tahun-tahun awal menunjukkan pengaruh yang lama dan
kuat terhadap perkembangan individu pada masa-masa berikutnya. Kebanyakan ahli
teori psikologi berpendapat bahwa apa yang terjadi hari ini sangat banyak
ditentukan oleh perkembangan kita sebagai peserta didik.
o
Proses
yang kompleks
Sebagai
peneliti yang mencoba memahami perilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat
bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan
sangat berguna. Misalnya ialah bahwa kebanyakan orang dapat membuat kalimat
yang panjang dan dapat mengerti oleh orang lain.
Manusia
mampu berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai yang kompleks karena bahasa
yang dipergunkana mengikuti aturan-aturan tertentu. Tetapi menentukan apa
aturan itu dan bagaimana menggunakan adalah sulit. Suatu pendekatan terhadap
masalah ini adalah dengan mempelajari proses kemampuan berbahasa. Peserta didik
membentuk kalimat yang hanya terdiri atas satu atau dua kata, kalimat itu
muncul dengan mengikuti aturan yang diajarkan orang dewasa. Dengan mengkaji
kalimat pertama tersebut parapeneliti bahasa bertambah wawasannya tentang
mekanisme cara berbicara orang dewasa yang lebih kompleks.
o
Nilai
yang ditempatkan
Kebanyakan
ahli psikologi perkembangan melakukan penelitiannya untuk mengkaji
pertanyaan-pertanyaan atau fenomena yang mengemuka dimasyarakat. Misalnya
penelitian tentang tahap awal perkembangan sosial yang secara relevan berkaitan
dengan orangtua tentang peranannya dalam kehidupannya sehari hari, penelitian
tentang strategi pemecahan masalah pada peserta didik akan memberikan informasi
berharga mengenai metode mengajar yang baik. Hasil dari penelitian atau
pengkajian teoritis dapat secara langsung atau tidak dapat mempengaruhi pola
pendidikan atau pembelajaran.
o
Masalah
yang menarik
Peserta
didik merupakan makhluk yang mengagumkan dan penuh teka-teki serta menarik
untuk dikaji. Kemudahan peserta didik umur dua taknik untuk mempelajari bahasa
ibunya dan kreativitas peserta didik untuk bermain dengan temannya merupakan
dua hal dari karakteraktik yang sedang berkembang. Misalnya banyak lagi hal-hal
yang berkaitan dengan perkembangan peserta didik yang merupakan misteri dan
menarik. Dalam hal ini ilmu pengetahuan lebih banyak menjumpai
pertanyaan-pertanyaan dari pada jawabannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar