PENDIDIKAN ISLAM
Pendidikan Islam merupakan suatu
upaya yang terstruktur untuk membentuk manusia yang berkarakter sesuai dengan
konsekuensinya sebagai seorang muslim. Dalam perjalanannya ada tiga jalan yang
harus ditempuh untuk mengupayakan hal tersebut, yaitu:
1. Penanaman akidah Islam : pemikiran yang matang dan dijalankan dengan cara yang
damai.
2. Menanamkan sikap konsisten pada orang yang sudah memiliki
akidah : islam
agar segala tindak tanduk dan cara berpikirnya tetap berada di jalurnya sebagai
seorang muslim
3. Mengembangkan kepribadian islam pada mereka yang sudah
memilikinya
: dengan cara mengajaknya untuk bersungguh-sungguh menjalankan kehidupan secara
islami, dalam artian semua pemikiran dan amalannya sesuai dengan kodratnya
sebagai seorang muslim.
Ruang
lingkup pendidikan Islam sangat luas sekali karena didalamnya banyak pihak -
pihak yang ikut terlibat, baik langsung maupun tidak langsung. Ruang lingkup
pendidikan islam diantaranya:
1. Perbuatan Mendidik Itu Sendiri
Perbuatan
mendidik merupakan seluruh kegiatan, tindakan atau perbuatan dan sikap yang
dilakukan oleh pendidik sewaktu menghadapi atau mengasuh anak didik.
2. Anak Didik
Anak didik merupakan
obyek terpenting dalam pendidikan, hal ini disebabkan perbuatan atau tindakan
mendidik itu dilakukan hanyalah untuk membawah anak didik kepada tujuan
pendidikan islam yang dicita - citakan. Dalam pendidikan Islam anak didik
disebut dengan beberapa istilah, yaitu: santri, muta'alim, tolib, tilmidz,
muhazab.
3. Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam
Yaitu
landasan yang menjadi fundamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan
islam ini dilakukan. Tujuan pendidikan Islam yaitu ingin membentuk anak didik
menjadi manusia muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berkepribadian
muslim.
4. Pendidik
Pendidik merupakan
subyek yang melaksanakan pendidikan Islam. Pendidik memiliki peran penting
untuk berlangsungnya pendidikan. Baik atau tidaknya pendidik berpengaruh besar
terhadap pendidikan Islam. Pendidik disebut mu'allim, muhazib, ustadz, kyai,
mursyid.
5.
Materi Pendidikan Islam (Muddattutarbiyah)
Bahan-bahan atau pengalaman
belajar agama islam yang disusun sedemikian rupa untuk disampaikan kepada anak
didik.
6.
Metode Pendidikan Islam (Thariqatut Tarbiyah atau Thariqatut Tahzib)
Mengemukakan bagaimana
mengolah, menyusun dan menyajikan materi pendidikan agar materi tersebut dapat
dengan mudah diterima dan dimiliki anak didik.
7.
Evaluasi
Bagaimana mengadakan
penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
8.
Alat-alat Pendidikan Islam
Alat yang dapat
digunakan selama melaksanakan pendidikan islam agar tujuan tersebut berhasil.
9.
Lingkungan sekitar
Keadaan yang ikut
berpengaruh dalam pelaksaan serta hasil pendidikan islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar