Jumat, 01 Januari 2016

Mengapa ikan di kutub utara dapat bertahan hidup dan tidak membeku?


Pak guru akan bertanya kepada kalian, mengapa ikan di kutub utara bisa bertahan hidup? Padahal suhu disana mencapai minus 40o C loh. Itulah keajaiban Allah SWT menciptakan semuanya itu sesuai dengan kemampuan hambaNya masing-masing.

Kalau kita pikir sejenak, kok bisa yah hewan disana bisa hidup. Sudahkah kalian pernah melihat film atau vidio tentang beruang kutub? Biasanya beruang kutub mencari mangsa berupa ikan maupun anjing laun. Nah anjing laut tersebut kadang berenang
di bawah permukaan es kan?
Beruang kutub berjalan di atas laut yang telah membeku menjadi es sedangkan anjing laut berenang di bawahnya atau di bagian bawah permukaan es. Pak guru akan bertanya "bagaimana dengan suhu di atas permukaan es? Dan bagaimana dengan suhu di bawah permukaan es? Siapa yang suhunya lebih dingin?
Ternyata suhu di daerah permukaan es mempunyai suhu yang lebih dingin. Suhunya bisa mencapai -40o C. Jadi suhu air laut di bawah permukaan es lebih tinggi dan masih tetap hangat.

Itulah mengapa hewan seperti ikan paus putih, anjing laut, dan ikan lainnya bisa bertahan hidup karena suhu di bawah permukaan air laut tetap hangat.
Ada hal yg unim cara berburunya beruang kutub. Biasanya beruang kutub menggali lubang anjing laut. Biasanya anjing laut menyembunyikan anaknya di bawah permukaan es dan dibuat seperti goa.

Berung kutub akan mengendus menggunakan hidungnya yang mempunyai penciuman yang tajam untuk menemukan sarang  anjing laut.

Sumber; http://www.pakmono.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar