Jumat, 02 Oktober 2015

Resensi Buku Nonfiksi: Sukses Menguasai Bahasa Utama Dunia

Resensi: Sukses Menguasai Bahasa Utama Dunia

Oleh Siti Zakiyah

Judul Buku                   : Sukses Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Guru
Penulis                          : Nasim Halim
Penerbit                        : Puspa Swara
ISBN                            : 979-3833-02-05
Cetakan                        : II (kedua)
Tahun Terbit                : 2005
Jumlah Halaman          : 128 halaman

            Halo! Apakah Anda merasa sulit menguasai bahasa Inggris? Jika ya, buku ini siap membantu Anda! Tahukah Anda bahwa tanpa menguasai bahasa Inggris, langkah-langkah Anda akan sedikit terhambat untuk meraih sukses di masa depan?

            Oleh karena itu, buku terbitan Puspa Swara ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Buku yang berjudul Sukses Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Guru yang ditulis oleh Nasim Halim ini, merupakan sarana yang efektif untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Pria kelahiran Subang, 1968 silam ini menyajikannya dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan dapat dipelajari tanpa bimbingan guru.

            Pada dasarnya, bahasa Inggris tidak sulit, kita hanya memerlukan kiat-kiat untuk mempelajarinya. Kendala utama belajar bahasa Inggris adalah metode-metode pembelajaran yang tidak luwes. Banyak metode yang mengabaikan penyajian bahasa praktikal-komunikatif.

            Buku ini memperkenalkan metode pendekatan proses kebermaknaan melalui tabel dan formulasi agar kita mudah memvisualisasikan struktur kalimat . Dan dilengkapi dengan contoh ungkapan-ungkapan praktis. Yang jelas, tidak satupun ungkapan kalimat yang tidak berguna dalam buku ini. Semuanya dapat kita gunakan dalam percakapan sehari-hari.

            Materi dalam buku ini disajikan dalam bentuk tanya-jawab agar materi pelajaran yang lebih penting dapat dipelajari terlebih dulu. Peristilahal gramatikal yang dipandang tidak begitu perlu, tidak digunakan dalam bab-bab permulaan.

            Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Selain itu, buku ini juga menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Dengan dilengkapi latihan-latihan disetiap akhir bab, kita dapat lebih memahami bahasa Inggris dengan baik.

Akan tetapi, buku ini tidak menyajikan tampilan yang menarik dengan tidak adanya gambar-gambar dan juga tata letak yang kurang baik, sehingga bisa saja dapat menimbulkan kurangnya minat pembaca dalam mengkaji buku tersebut. Selain itu, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek.

Buku ini disajikan untuk para pelajar yang telah bertahun-tahun belajar Inggris, tetapi belum juga berhasil menguasainya. Oleh karena itu, dengan memiliki buku ini kita bisa sukses menguasai bahasa utama dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar