Jumat, 09 Oktober 2015

Artikel Pendidikan Islam

PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan Islam merupakan suatu upaya yang terstruktur untuk membentuk manusia yang berkarakter sesuai dengan konsekuensinya sebagai seorang muslim. Dalam perjalanannya ada tiga jalan yang harus ditempuh untuk mengupayakan hal tersebut, yaitu:

1. Penanaman akidah Islam : pemikiran yang matang dan dijalankan dengan cara yang damai. 

2. Menanamkan sikap konsisten pada orang yang sudah memiliki akidah : islam agar segala tindak tanduk dan cara berpikirnya tetap berada di jalurnya sebagai seorang muslim

3. Mengembangkan kepribadian islam pada mereka yang sudah memilikinya : dengan cara mengajaknya untuk bersungguh-sungguh menjalankan kehidupan secara islami, dalam artian semua pemikiran dan amalannya sesuai dengan kodratnya sebagai seorang muslim.

Ruang lingkup pendidikan Islam sangat luas sekali karena didalamnya banyak pihak - pihak yang ikut terlibat, baik langsung maupun tidak langsung. Ruang lingkup pendidikan islam diantaranya:

1. Perbuatan Mendidik Itu Sendiri
Perbuatan mendidik merupakan seluruh kegiatan, tindakan atau perbuatan dan sikap yang dilakukan oleh pendidik sewaktu menghadapi atau mengasuh anak didik.
2. Anak Didik
Anak didik merupakan obyek terpenting dalam pendidikan, hal ini disebabkan perbuatan atau tindakan mendidik itu dilakukan hanyalah untuk membawah anak didik kepada tujuan pendidikan islam yang dicita - citakan. Dalam pendidikan Islam anak didik disebut dengan beberapa istilah, yaitu: santri, muta'alim, tolib, tilmidz, muhazab.

3. Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam      

Yaitu landasan yang menjadi fundamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan islam ini dilakukan. Tujuan pendidikan Islam yaitu ingin membentuk anak didik menjadi manusia muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berkepribadian muslim.


4. Pendidik
Pendidik merupakan subyek yang melaksanakan pendidikan Islam. Pendidik memiliki peran penting untuk berlangsungnya pendidikan. Baik atau tidaknya pendidik berpengaruh besar terhadap pendidikan Islam. Pendidik disebut mu'allim, muhazib, ustadz, kyai, mursyid.

5. Materi Pendidikan Islam (Muddattutarbiyah)
Bahan-bahan atau pengalaman belajar agama islam yang disusun sedemikian rupa untuk disampaikan kepada anak didik.

6. Metode Pendidikan Islam (Thariqatut Tarbiyah atau Thariqatut Tahzib)
Mengemukakan bagaimana mengolah, menyusun dan menyajikan materi pendidikan agar materi tersebut dapat dengan mudah diterima dan dimiliki anak didik.

7. Evaluasi
Bagaimana mengadakan penilaian terhadap hasil belajar anak didik.

8. Alat-alat Pendidikan Islam
Alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan islam agar tujuan tersebut berhasil.

9. Lingkungan sekitar

Keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksaan serta hasil pendidikan islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar